Setiap manusia normal cenderungmengharapkan dirinya berkembang menjadi lebihbaik lagi, apa pun profesinya.
WStern mengemukakan Teori Konvergensi yang mengatakan kepribadian manusia terbentuk sebagaihasil interaksi dari nature dan nurture. Jadi, hasilinteraksi .....dari potensi ................yang dimiliki manusia dan seberapa besar lingkungan mempengaruhiperwujudan potensi yang dimiliki.
Kalau berbicara mengenai "potensi", kita tidak bisaberbuat banyak, karena potensi manusia memangsudah terberi. Yang dapat diupayakan adalah usahauntuk mengembangkan potensi yang ada agar berfungsi sesuai dengan peran yang harus kitajalankan.
Dalam hal ini, Harry Ingham dan Joseph Luft dalam Johari Windownya (nama Johari berasal dari Joseph Luftdan Harrington Ingham) menyatakan bahwa manusia memiliki empat daerah pengenalan diri yaitu:
1. Diri terbuka
2. Diri terlena
3. Diri tersembunyi
4. Diri yang tidak dikenal siapa pun.
Keempat hal di atas digambarkan sebagai berikut.
Bidang 1: Diri terbuka
Bagian diri yang disadari oleh diri sendiri dan ditampilkan kepada orang lain atas kemauan sendiri. Misalnyaperasaan, pendapat dan pikiran yang dipilih
untuk disampaikan kepada orang lain.............................................. Juga hal-hal yang tidakdapat ditutupi terhadap orang lain, seperti muka, bentuk badan, umur yang tampak pada keadaan badan(tua, muda).
untuk disampaikan kepada orang lain.............................................. Juga hal-hal yang tidakdapat ditutupi terhadap orang lain, seperti muka, bentuk badan, umur yang tampak pada keadaan badan(tua, muda).
Bidang 2: Diri terlena
Bagian diri yang tanpa disadari diri sendiri, tertutup terhadap dirinya, tetapi tersampaikan kepada orang lain atau diketahui oleh orang lain. Misalnya kebiasaan-kebiasaan,
sifat-sifat,
dan kemampuan tertentu yang tidakdisadari ada pada diri sendiri, ...................
yang sering berpengaruh (positif atau negatif) dalam berhubungan denganorang lain (misalnya sering membuat interupsi, kurang memperhatikan perasaan orang lain, senangmembantah, membanggakan diri, dan sebagainya).
sifat-sifat,
dan kemampuan tertentu yang tidakdisadari ada pada diri sendiri, ...................
yang sering berpengaruh (positif atau negatif) dalam berhubungan denganorang lain (misalnya sering membuat interupsi, kurang memperhatikan perasaan orang lain, senangmembantah, membanggakan diri, dan sebagainya).
Bidang 3: Diri tersembunyi
Bagian diri yang disadari oleh diri sendiri, tetapi secara sadar ditutup-tutupi atau disembunyikan terhadaporang lain. Mungkin juga orang tidak tahu bagaimana menyampaikan dirinya....................................... kepada orang lain (misalnyatidak setuju tentang pendapat orang lain,........................................ tetapi tidak dapat menyampaikan hal itu), atau karena kalaudisampaikan akan membuat malu diri sendiri, misalnya perasaan ketidakpastian, keinginan yang rahasia, dansebagainya.
Bidang 4: Diri yang tak dikenal oleh diri sendiri dan oleh orang lain.
Bagian diri yang tidak dikenal diri sendiri dan orang lain ini berupa motif, kebutuhan yang tidak disadari, terlupakan atau didesak ke bawah sadar sehingga tidak dikenal lagi dan masih mempengaruhi tindakan orangdalam berhubungan dengan orang lain.
Untuk dirinya perlu dikembangkan kepercayaan dengan jalan membuka diri terhadap pendapat, perasaan, dan pikiran orang lain, artinya membuka jalan bagi orang lain untuk memberikan umpan balik kepada diasehingga bidang diri terbuka (1) melebar dan akan timbul perbaikan dalam hubungan dengan orang lain.
Mengenali diri maksudnya adalah memperoleh pengetahuan tentang totalitas diri yang tepat denganmenyadari segi keunggulan yang dimiliki maupun segi kekurangan-kekurangan yang ada pada diri.
Umpan balik
Umpan balik merupakan proses di mana seseorang memberi tahu berdasarkan pengamatan dan perasaannyatentang tingkah laku seseorang guna membantu perkembangan pribadi orang itu.
Beberapa hal yang bisa dijadikan pegangan sebagai upaya perubahan sikap adalah memiliki motivasi kuatuntuk berkembang, memiliki antusiasme dengan cara berpikir positif, bersedia belajar meyakini danmenghargai kemampuan diri, berupaya meningkatkan kemampuan untuk mendapatkan apa yang menjaditujuan diri sendiri, berupaya tidak membiarkan perkecualian terjadi, sebelum kebiasaan baru berakar padakehidupan, dan bersikap rajin berlatih pada setiap ......................kesempatan diperoleh.
Pengembangan kepribadian
Kecuali modal pegangan tersebut diatas, untuk mengembangkan diri perlu dipertimbangkan juga faktor dibawah ini.
a. Faktor penghambat yang berasal dari lingkungan.
Sistem yang dianut. Kadang-kadang sistem yang berlaku dalam lingkungan kita, apakah dalam pekerjaanpendidikan atau lingkungan sosial di mana kita berada, tanpa disadari menghambat pengembangan diri kita, misalnya diberlakukannya sistem senioritas dalam jenjang jabatan di mana kita bekerja.
Tanggapan atau sikap/kebiasaan dalam lingkungan kebudayaan. Kadang-kadang tradisi atau kebiasaan yang berlaku menghambat perwujudan dari perkembangan diri seseorang.
b. Faktor penghambat yang berasal dari diri individu sendiri.
Faktor tujuan hidup yang tidak/belum tergambar dengan jelas.
Faktor motivasi dan faktor keengganan untuk menelaah diri. Kadang-kadang manusia takut untuk menerimakenyataan bahwa ia memiliki kekurangan ataupun kelebihan pada dirinya.
Faktor usia.................................................................................. Kadang-kadang orang yang sudah tua dalam usia tidak melihat bahwa kearifan dankebijaksanaan dapat dicapainya. Mereka cenderung memandang bahwa usia muda lebih hebat karenaproduktif.
Memang banyak aspek penghambat pengembangan kepribadian kita, namun sebenarnya masalah utamanyaterletak pada jawaban kita terhadap pertanyaan, "Benarkah kita berkeinginan untuk mengembangkan dirikita?"
Semoga saja?
Posting Komentar